20 Sketsa Gambar Rumah Minimalis yang Mudah dan Sederhana

Apakah Anda sedang mencari inspirasi untuk sketsa gambar rumah berbagai model untuk hunian masa depan? Jangan lewatkan artikel ini karena di sini terdapat segala yang Anda cari!

Bagi Anda, memiliki rumah yang nyaman dan estetik merupakan impian semua orang. Ada yang membangun hunian idamannya dari nol atau membeli rumah jadi dari developer terbaik.

Namun, bagi Anda yang hendak membangun rumah impian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah membuat sketsa rumah.

Sebelum membahas lebih lanjut, mari pahami definisi dari sketsa gambar hunian terlebih dahulu.

Apa Itu Sketsa

rumah sketsa

Sketsa adalah gambar rancangan dengan bentuk yang sederhana. Sedangkan gambar adalah karya seni rupa dua dimensi yang digunakan untuk menerangkan atau menjelaskan sesuatu.

Sementara itu, rumah diartikan sebagai bangunan yang dijadikan tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, sketsa gambar rumah dapat diartikan sebagai gambar rancangan dua dimensi yang menggambarkan sebuah rumah.

Fungsi Sketsa Rumah

Gambar sketsa rumah sangat berguna untuk memberikan gambaran sketsa tentang bagaimana hunian impianmu akan terlihat ketika dibangun.

Sketsa tersebut dapat menunjukkan letak ruangan serta bagaimana setiap ruangan terhubung satu sama lain. Sketsa juga meliputi berbagai sudut pandang rumah, seperti denah tampak depan, denah sisi samping, interior, dan bahkan lingkungan sekitarnya.

Dengan memiliki sketsa rumah yang jelas, kamu dapat lebih mudah dalam merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum membangun rumah impianmu.

Hal yang Wajib Ketika Membuat Sketsa Gambar Rumah

sketsa gambar rumah yang mudah ditiru

Jika Anda berencana membuat sketsa bangunan rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan sketsa gambar bangunan rumah:

Tentukan Desain Rumah

Untuk memudahkan pembuatan sketsa rumah, Anda perlu mengetahui model denah bangunan seperti apa yang ingin dibuat.
Apakah Anda ingin desain rumah minimalis modern atau rumah klasik bergaya Amerika.

Buat Daftar Ruangan Seluruh Rumah

Ketika Anda sudah menemukan gaya arsitektur rumah yang digunakan, langkah selanjutnya adalah membuat daftar ruangan di seluruh rumah.

Urutkan ruangan dari yang paling kecil hingga mencapai terbesar atau berurutan berdasarkan skala prioritas kebutuhan.

Tata Letak Ruangan

Selanjutnya, Anda dapat merencanakan tata letak setiap ruangan. Misalnya, pada lantai 1 akan ditempatkan tiga kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi.

Kondisi Setiap Ruangan

Langkah berikutnya, Anda perlu menentukan kondisi setiap ruangan yang ada di rumah.
Mulai dari penempatan furnitur hingga motif keramik yang akan digunakan.

Sesuaikan Sketsa Gambar Rumah yang Dibuat dengan Dana

Terakhir, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh Anda adalah membuat sketsa yang sesuai dengan dana membangun rumah.

Jangan sampai membuat sketsa rumah yang melebihi anggaran sehingga tidak dapat direalisasikan sebagai hunian sebenarnya.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa sketsa bangunan rumah yang dapat dijadikan inspirasi!

Contoh Gambar Sketsa Rumah Sederhana Berbagai Model

1. Sketsa Rumah Sederhana

Sketsa Rumah Sederhana

Gambar rumah sederhana merupakan gambar yang cukup umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik di desa maupun di kota dengan berbagai macam model yang tersedia.

Meskipun tampilannya sederhana, namun pada sketsa rumah tersebut terlihat sentuhan desain modern dan minimalis yang kental.

2. Sketsa Rumah Pedesaan

Sketsa Rumah Pedesaan

Suasana di pedesaan selalu memberikan kesan yang berbeda dan pemandangan alam yang indah sulit dilupakan. Pada gambar sketsa rumah ini, terlihat sebuah rumah dengan pagar kayu yang menambah kesan pedesaan.

Gambar ini menampilkan keindahan alam yang melatarbelakangi rumah dengan nuansa yang tenang dan sejuk. Pagar kayu yang terlihat menambah kesan natural dan klasik pada rumah, sehingga memberikan kesan yang lebih menyatu dengan alam di sekitarnya.

3. Sketsa Rumah Suasana di Pegunungan

Sketsa Rumah di Pegunungan

Ada sebuah rumah yang berada di dekat pegunungan dan sawah yang menampilkan pemandangan alam yang indah. Meskipun rumahnya sederhana, tetapi pemandangan alamnya yang menakjubkan membuatnya berbeda dari yang lain.

Jika ingin menggambar atau mewarnai gambar ini, fokuslah pada objek utama yaitu rumah, dan kemudian mewarnai bagian gambar lainnya.

4. Sketsa Rumah Mungil

Sketsa Rumah Mungil

Bentuk rumah pada gambar ini biasanya ditemukan dalam dunia kartun atau film animasi. Ukuran dan modelnya yang unik tentu akan membuat pemiliknya kesulitan jika ada di dunia nyata.

Namun, tak ada salahnya untuk berimajinasi dalam menggambar atau mewarnai sesuatu yang tak nyata. Setelah kamu memberikan warna pada gambar tersebut, pasti akan terlihat lebih indah dan menarik untuk dilihat.

Fokuslah pada objek utamanya, yaitu rumah, dan beri warna pada bagian lainnya untuk memberikan kesan yang lebih hidup.

5. Sketsa Rumah dengan Cerobong Asap

Sketsa Rumah dengan Cerobong Asap

Apakah kamu pernah melihat sketsa gambar rumah yang dilengkapi dengan cerobong asap? Kemungkinan besar akan sulit menemukan rumah dengan fitur seperti itu di Indonesia, karena biasanya bentuk rumah dengan cerobong asap ini lebih banyak ditemukan di luar negeri.

Namun, di Indonesia kita dapat mendesain genteng dengan pola yang menyerupai cerobong asap sehingga tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Untuk menggambar sketsa rumah dengan cerobong asap, kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam menggambar.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mempelajari teknik menggambar dan mewarnai agar dapat membuat sketsa rumah dengan cerobong asap yang menarik dan realistis.

6. Sketsa Rumah di Gunung

Sketsa Rumah di Gunung

inggal di kota mungkin sudah biasa, tetapi memiliki rumah di sekitar pegunungan sungguh luar biasa. Kita bisa menikmati keindahan pemandangan alam secara gratis, seolah-olah tinggal di sebuah vila saat liburan tiba.

Dengan pemilihan warna-warna yang tepat, kamu bisa menciptakan suasana yang lebih indah di sekitar rumahmu.

7. Sketsa Rumah Tingkat

Sketsa Rumah Tingkat

Rumah tingkat adalah istilah untuk bangunan rumah yang memiliki lebih dari satu lantai, seperti lantai dua atau bahkan lebih dan itulah disebutnya rumah tingkat.

Banyak orang bercita-cita memiliki rumah tingkat dengan lantai dua, namun seringkali terkendala dengan biaya pembangunan yang cukup mahal. Karena desainnya yang bertingkat, biaya yang dibutuhkan tentu akan lebih besar.

Namun, jika kamu ingin membuat sketsa gambar rumah tingkat, itu bisa menjadi pilihan yang baik. Kamu bisa menambahkan warna-warna yang sesuai dengan selera dan keinginanmu, sehingga hasil akhirnya akan terlihat lebih menarik.

8. Sketsa Rumah Kecil Sederhana

Sketsa Rumah Kecil Sederhana

Untuk menggambar rumah yang satu ini, kamu hanya perlu membentuk beberapa segitiga, lingkaran, dan persegi.

Meskipun terlihat sangat sederhana, namun suasana rumah bisa menjadi lebih indah dan mewah dengan menambahkan bulan dan bintang di langit malam serta pepohonan di sekitar rumah.

Hal ini akan memberikan kesan alami dan menenangkan pada gambar tersebut.

9. Sketsa Rumah Mewah

Sketsa Rumah Mewah

Pada sketsa gambar rumah yang satu ini terlihat berbeda dengan gambar rumah yang lain. Rumah pada gambar ini terlihat sangat mewah dengan tambahan kolam renang yang ada di halaman rumah.

Mungkin untuk menggambar sketsa seperti ini akan sedikit lebih sulit, namun hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka yang ingin mencobanya.

10. Sketsa Rumah dengan Desain Klasik

Sketsa Rumah dengan Desain Klasik

Bangunan rumah dengan desain klasik selalu terlihat indah dan elegan. Sketsa gambar rumah ini mengingatkan pada bangunan mewah pada masa penjajahan dahulu, di mana rumah dengan desain Eropa klasik seperti ini sangat banyak ditemukan.

11. Sketsa Rumah dengan Desain Unik

Sketsa Rumah dengan Desain Unik

Rewrite detail: Jika kamu melihat sketsa rumah ini, mungkin terlihat sedikit mewah namun memiliki desain yang sangat unik. Itulah yang membuatnya begitu menarik, karena rumah ini memiliki desain yang tidak biasa.

Bangunan ini terlihat sangat mewah karena tidak memiliki sambungan dari luar, dan biasanya terdiri dari beberapa lantai di dalamnya.

12. Sketsa Rumah Simple

sketsa gambar rumah simple

Seluruhnya, beberapa dari anak-anak mungkin tidak tertarik dengan gambar yang membutuhkan usaha yang rumit ketika menggambar, jadi gambar ini mungkin lebih cocok untuk anak-anak sebagai referensi dalam menggambar atau mewarnai.

Karena gambar ini terlihat sangat sederhana dan mudah dimengerti, dengan menunjukkan sebuah rumah dan suasana sekitarnya.

13. Sketsa Rumah Suasana Horor

Sketsa Rumah Suasana Horor 

Sebenarnya bentuk bangunannya tidak terlalu menyeramkan, walaupun terlihat sedikit horor.

Namun, yang membuat sketsa bangunan rumah ini terkesan menakutkan adalah gambar kelelawar dan sosok makhluk halus yang terbang di sekitar.

Kamu bisa menggunakan sketsa rumah ini sebagai referensi untuk latihan menggambar atau mewarnai.

Contoh Sketsa Gambar Rumah Minimalis

1. Sketsa Rumah Compact

Sketsa Rumah Compact

Referensi pertama ini adalah sketsa rumah compact yang terlihat sangat mewah dan unik. Konsep rumah ini cocok untuk kalangan milenial yang ingin memiliki rumah dengan desain yang tidak biasa.

Fasilitas yang disediakan dalam rumah ini meliputi ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan halaman. Kelebihan dari rumah compact adalah dapat mengatasi keterbatasan lahan terutama di daerah perkotaan.

2. Sketsa Rumah Minimalis Modern

Sketsa Rumah Minimalis Modern

Gambar sketsa rumah ini dibangun di atas lahan seluas 120 meter persegi. Konsep rumah kontemporer ini dirancang dengan model yang sedikit ramping dan dinamis.

Dikenal dengan nama Monohouse, rumah ini memiliki gaya minimalis yang sangat unik dan menarik. Desain modernnya menggunakan bentuk geometris yang terlihat elegan.

3. Sketsa Rumah 1 Lantai Minimalis Tipe 45

Sketsa Rumah Tipe 36 dengan 2 Kamar Tidur

Sketsa rumah ini merupakan jenis rumah minimalis dengan ukuran 6×12 yang sering dibangun di perumahan. Desain gambar ini cocok untuk tipe rumah 45 dan lahan yang tersedia akan dimaksimalkan dengan baik.

4. Sketsa Rumah Tipe 36 dengan 2 Kamar Tidur

Sketsa Rumah 1 Lantai Minimalis Tipe 45

Pada bagian sketsa gambar rumah tipe 36 ini, terdapat 2 kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang tamu, teras kecil, serta halaman yang luas.

Setiap ruangan didesain dengan ukuran yang proporsional dan nyaman. Di samping itu, halaman depan rumah juga dapat difungsikan sebagai tempat parkir kendaraan seperti mobil dan motor.

5. Sketsa Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur

sketsa gambar rumah lantai 1 dengan 3 kamar

Sketsa rumah ini memiliki dua lantai dan tiga kamar tidur sehingga sangat cocok untuk keluarga kecil dengan dua anak.

Selain itu, rumah ini memiliki carport yang luas dengan ukuran sekitar 8,5-9 meter yang mampu menampung beberapa mobil.

Namun, yang lebih penting adalah fungsi setiap ruangan yang harus dioptimalkan dengan baik.

6. Sketsa Rumah Minimalis 2 Lantai Tipe 78

sketsa gambar rumah 1 lantai ukuran 7x12 meter

Sketsa rumah minimalis ini memiliki total luas bangunan 78 meter persegi. Luasan terbagi menjadi 44 m2 untuk lantai 1 dan 34 m2 untuk lantai 2.

Lantai 1 dilengkapi dengan parkiran mobil berukuran 3,7×4,5 meter di sisi kiri depan, tanaman dengan ukuran 3,3×4 meter, dan teras dengan ukuran 1×3 meter.

7. Sketsa Rumah 1 Lantai Ukuran 7×12 Meter

sketsa gambar rumah minimalis 2 lantai tipe 78

Sketsa rumah terakhir ini cocok untuk dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin membangun rumah di lahan yang sempit dan terbatas luasannya.

Dengan desain rumah seperti ini, kamu dapat mengurangi elemen yang tidak perlu dan menyederhanakan tampilan depan rumah agar terlihat lebih lega dan luas.

Ini akan sangat membantu dalam memaksimalkan penggunaan lahan yang ada dan memberikan kesan yang lebih lapang dan nyaman.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai 20 sketsa gambar rumah minimalis dan sederhana. Semoga bermanfaat!

Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan saja. Terima kasih telah membaca artikel temantanya.com!